Rancangan pengukuran ini menerapkan fuzzy MCDM (pengambilan keputusan berkriteria jamak) untuk mengevaluasi kinerja dosen di perguruan tinggi. Evaluasi kinerja merupakan masalah penting bagi suatu lembaga pendidikan tinggi, karena dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan mengenai peningkatan kinerja, khususnya peningkatan kinerja di bidang pengajaran. Dalam rancangan ini digunakan teori himpunan fuzzy untuk pengukuran kinerja, dan menerapkan AHP dalam memperoleh bobot kriteria, serta TOPSIS untuk menentukan peringkat. Fuzzy MCDM adalah metode pendekatan untuk mengevaluasi alternatif keputusan yang melibatkan penilaian subyektif yang dibuat oleh sekelompok pengambil keputusan. Sebuah proses perbandingan berpasangan digunakan untuk membantu pengambil keputusan individu membuat penilaian komparatif, dan metode peringkat linguistik digunakan untuk membuat penilaian mutlak.
0 komentar:
Posting Komentar